Menjelaskan Akses Memory, Sifat Memory dan Jenis RAM serta ROM

Posted on

1. Sebutkan dan jelaskan metode Akses Memory !
Memory itu sendiri mempunyai empat macam metode akses memory, diantaranya ialah :
a. Sequential access
b. Direct access
c. Random access
d. Associative access

Menjelaskan pengertian dari metode tersebut.

a. Sequential access
Merupakan metode yang paling
sederhana. Informasi yang disimpan dalam berkas diprosses berdasarkan urutan. Operasi dasar pada suatu berkas adalah tulisan dan baca. Memori diorganisasikan menjadi unit-unit yang disebut record.
Operasi. Operasi baca membaca
berkas dan meningkatkan pointer berkas selama di jalur lokasi. Metode ini didasarkan pada tape model sebuah berkas, dan dapat bekerja pada kedua jenis device akses. Contoh pada sequantial access adalah akses pada pita magnetik.

b. Direct access
Meliputi shared read/write mechanism. Setiap blok dan record memiliki alamt-alamat yang unik berdasarkan lokasi fisik. Merupakan metode yang membiarkan program membaca dan menulis dengan cepat pada berkas yang dibuat dengan
fixed-leght logical order tanpa adanya urutan. Operasi berkas pada metode ini harus dimodifikasi untuk
menambahkan nomor blok sebagai parameter. Pengguna menyediakan nomor blok ke sistem operasi biasanya sebagai nomor blok relatife, yaitu indeks relatife terhadap awal berkas. Akses dilakukan secara langsung terhadap kisaran umum (general vicinity) untuk mencapai lokasi akhir. Contoh pada direct access adalah akses pada disk.

c. Random access
Waktu untuk mengakses lokasi tertentu tidak tergantung pada urutan akses sebelumnya dan bersifat konstan. Contoh pada random access adalah sistem
memori utama.

d. Associative access
Sebuah word dicari berdasarkan
pada isinya dan bukan berdasarkan pada alamat. Contoh pada associative access adalah memori cache Pada metode memori Sequential access dan Direct access biasanya memori ini dipakai sebagai memori pembantu. Sedangkan pada metode Random access dan Associative access biasanya dipakai dalam memori utama.

2. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat memory !

Volatile : data akan hilang bila arus listrik terputus pada komputer.

Non-Volatile : data tidak akan
hilang walaupun tidak adanya arus listrik komputer.

3. Sebutkan dan jelaskan Jenis Ram
dan Rom !

RAM
Memori acak bahasa. Random Access
Memori (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini
berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, dan disk. Dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori baca saja (Read Only Memori), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder dalam jangka panjang.

ROM
Read Only Memory (ROM) adalah istilah bahasa inggris untuk medium
penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori
yang ada dalam komputer. Rom ini
sifatnya permanen, artinya program/ data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran dimatikan. Menyimpan data ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program sitem komputer dalam menyiapkan peralatan saat komputer hidup.

Referensi :
muhanakhalis.blogspot.com/2013/10/menjelaskan-akses-memori-sifat-memori_29.html?m=1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s